KETUA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Siswanto, M.Pd

 

SEKRETARIS PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Yusti Likaria, S.Pd

 

KOMPETENSI LULUSAN BAHASA INGGRIS
1. KOMPETENSI PEDAGOGIK
Kompetensi ini merupakan pemahaman dengan jenis pendekatan dan keterampilan dengan menggunakan teknik pembelajaran bahasa, memahami peserta didik dalam mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya, kemampuan dalam memanajemen pembelajaran bahasas inggris yang meliputi kemampuan analisis kebutuhan peserta didik, merencanakan, merancang, melaksanakan kemudian mengevaluasi proses pembelajaran yang efektif, efesien, kompetitif dan sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi dalam memotivasi peserta didik dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bidang bahasa inggris.

2.KOMPETENSI KEPRIBADIAN
Kompetensi ini merupakan kemampuan manajemen diri yang baik, menampilkan pribadi yang berdedikasi, berkomitmen, jujur, bertanggung jawab, mudah adaptasi, inovatif, kritis, selalu ingin meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pengajaran, mudah berdapatasi dengan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran,  dan menjaga nama baik tempat berkerja serta mempunyai akhlak yang baik bagi peserta didik.

3.KOMPETENSI AKADEMIK (PROFESIONAL)
Kompetensi ini adalah kemampuan peserta didik dan lulusan dalam menguasai 4 kemampuan bahasa inggris (listening, speaking, reading, dan writing) dan 3 elemen dasar bahasa inggris (pronunciation, vocabulary, dan grammar), menguasai ilmu linguistik (phonology, morphology, sosiolinguistic, psycholinguistic, semantic, sintax, pragmatic, etc), dapat memahami literatur bahasa inggris, sastra dasar bahasa inggris (drama, prose, poem), mempunyai dasar keterkaitan ilmu bahasa inggris dengan budaya lokal dan mempunyai keterampilan penelitian dalam ilmu bahasa, sastra dasar dan kependidikan.

4.KOMPETENSI SOSIAL
Kompetensi ini berhubungan dengan memahami perbedaan kepercayaan dan budaya, menangkal ajaran radikalisme, mahir dalam berkomunikasi yang baik dan sesuai norma yang berlaku, menghargai perbedaan pendapat, kesabaran dalam mendidik, mampu bekerjasama, dan dapat mengembangkan pemikiran, gagasan, dan teori dalam proses pembelajaran.

PROFIL LULUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
1. Guru Bahasa Inggris
2. Peneliti dalam Pendidikan Pengajaran Bahasa Inggris 
3. Penulis Karya dalam Pendidikan Pengajaran Bahasa Inggris
4. Instruktur Bahasa Inggris

MATA KULIAH PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS